Rencana Tindak Lanjut Gerakan Literasi Sekolah
Sekolah
|
:
|
Kabupaten/kota
|
:
|
Nama/email/No HP
|
:
|
|
1.
|
|
2.
|
|
3.
|
|
4.
|
|
5.
|
Berilah
tanda centang (v) pada kolom “BELUM” (jika Saudara anggap sesuai dengan kondisi
di tempat Saudara) dan/atau isilah tanggal pada kolom lainnya sesuai dengan
rencana tindak lanjut Saudara melaksanakan GLS!
A. Pembiasaan
No
|
Indikator
|
Belum
|
Akan Mulai
|
Sudah
|
1
|
Ada
kegiatan 15 menit membaca (membaca dalam hati, membacakan nyaring) yang
dilakukan setiap hari (di awal, tengah, atau menjelang akhir pelajaran
|
|
|
|
2
|
Kegiatan
15 menit membaca telah berjalan selama minimal 1 semester
|
|
|
|
3
|
Peserta
didik memiliki jurnal membaca harian.
|
|
|
|
4
|
Guru,
kepala sekolah, dan/atau tenaga kependidikan menjadi model dalam kegiatan 15
menit membaca dengan ikut membaca selama kegiatan berlangsung
|
|
|
|
5
|
Ada
perpustakaan, sudut baca di tiap kelas, dan area baca yang nyaman dengan
koleksi buku nonpelajaran.
|
|
|
|
6
|
Ada
poster-poster kampanye membaca di kelas, koridor, dan/atau area lain di
sekolah.
|
|
|
|
7
|
Ada
bahan kaya teks yang terpampang di tiap kelas
|
|
|
|
8
|
Kebun
sekolah, kantin, dan UKS menjadi
lingkungan
yang bersih, sehat dan kaya teks. Terdapat poster-poster tentang pembiasaan
hidup
bersih,
sehat, dan indah.
|
|
|
|
9
|
Sekolah berupaya melibatkan publik (orangtua, alumni,
dan elemen masyarakat) untuk
mengembangkan kegiatan literasi sekolah.
|
|
|
|
10
|
Kepala
sekolah dan jajarannya berkomitmen melaksanakan dan mendukung gerakan
literasi sekolah
|
|
|
|
11
|
Ada
kegiatan akademik yang mendukung budaya literasi sekolah, misalnya: wisata ke
perpustakaan
atau
kunjungan perpustakaan keliling ke sekolah.
|
|
|
|
12
|
Ada kegiatan perayaan hari-hari tertentu yang
bertemakan literasi
|
|
|
|
13
|
Ada Tim
Literasi Sekolah yang dibentuk oleh kepala sekolah dan terdiri atas guru
bahasa, guru mata
pelajaran
lain, dan tenaga kependidikan
|
|
|
|
B. Pengembangan
No
|
Indikator
|
Belum
|
Akan Mulai
|
Sudah
|
1
|
Ada
kegiatan 15 menit membaca (Membaca dalam hati dan/atau membacakan nyaring)
yang dilakukan setiap hari (di awal, tengah, atau menjelang akhir pelajaran).
|
|
|
|
2
|
Ada berbagai kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
menghasilkan respon secara lisan maupun tulisan
|
|
|
|
3
|
Peserta
didik memiliki portofolio yang berisi kumpulan jurnal respon membaca
|
|
|
|
4
|
Guru
menjadi model dalam kegiatan 15 menit membaca dengan ikut membaca selama
kegiatan berlangsung
|
|
|
|
5
|
Tagihan
lisan dan tulisan digunakan sebagai penilaian nonakademik.
|
|
|
|
6
|
Jurnal respon membaca peserta didik dipajang di kelas
dan/atau koridor sekolah.
|
|
|
|
7
|
Perpustakaan,
sudut baca di tiap kelas, dan area baca yang nyaman dengan koleksi buku nonpelajaran
dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan literasi
|
|
|
|
8
|
Ada
penghargaan terhadap pencapaian peserta didik dalam kegiatan literasi secara
berkala.
|
|
|
|
9
|
Ada poster-poster kampanye membaca
|
|
|
|
10
|
Ada bahan kaya teks yang terpampang di tiap kelas,
koridor, dan area lain di sekolah.
|
|
|
|
C. Pembelajaran
No
|
Indikator
|
Belum
|
Akan Mulai
|
Sudah
|
1
|
Kegiatan
membaca pada tempatnya (selain lima belas menit sebelum pembelajaran) sudah membudaya
dan menjadi kebutuhan warga sekolah (tampak dilakukan oleh semua warga
sekolah)
|
|
|
|
2
|
Kegiatan lima belas menit membaca setiap hari sebelum
jam pelajaran diikuti kegiatan lain dengan tagihan nonakademik atau akademik.
|
|
|
|
3
|
Ada
pengembangan berbagai strategi membaca
|
|
|
|
4
|
Kegiatan
membaca buku nonpelajaran yang terkait dengan buku pelajaran dilakukan oleh peserta
didik dan guru (ada tagihan akademik untuk peserta didik)
|
|
|
|
5
|
Ada berbagai kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
menghasilkan respon secara lisan maupun tulisan
|
|
|
|
6
|
Peserta didik memiliki portofolio yang berisi kumpulan
jurnal respon membaca minimal 12 (dua belas) buku nonpelajaran
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan
berbagai strategi untuk memahami teks dalam semua mata pelajaran (misalnya, dengan
menggunakan graphic organizers secara optimal, misalnya tabel TIP:
Tahu-Ingin-Pelajari; tabel Perbandingan; Tangga Proses/Kronologis)
|
|
|
|
8
|
Guru
menjadi model dalam kegiatan membaca buku nonpelajaran dengan ikut membaca
buku-buku pilihan (nonpelajaran) yang dibaca oleh siswa
|
|
|
|
9
|
Tagihan lisan dan tulisan digunakan sebagai penilaian
akademik
|
|
|
|
10
|
Peserta
didik menggunakan lingkungan fisik, sosial, afektif, dan akademik disertai
beragam bacaan (cetak, visual, auditori, digital) yang kaya literasi–di luar
buku teks pelajaran–untuk memperkaya pengetahuan dalam mata pelajaran.
|
|
|
|
11
|
Jurnal respon peserta didik dari hasil membaca buku
bacaan dan buku pelajaran (hasil tagihan akademik) dipajang di kelas dan/atau koridor sekola
|
|
|
|
12
|
12. Ada
penghargaan terhadap pencapaian peserta didik dalam kegiatan berliterasi
(berdasarkan tagihan akademik)
|
|
|
|
13
|
Ada poster-poster
kampanye membaca untuk memperluas pemahaman dan tekat warga sekolah untuk
menjadi pembelajar sepanjang hayat
|
|
|
|
14
|
Ada
bahan kaya teks terkait dengan mata pelajaran yang terpampang di tiap kelas
|
|
|
|
15
|
Ada
unjuk karya (hasil dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berkomunikasi
secara kreatif secara verbai, tulisan, visual, atau digital) dalam perayaan
hari-hari tertentu yang bertemakan literasi
|
|
|
|
16
|
Perpustakaan
sekolah menyediakan beragam buku bacaan (buku-buku nonpelajaran: fiksi dan nonfiksi)
yang diperlukan peserta didik untuk memperluas pengetahuannya dalam pelajaran
tertentu.
|
|
|
|
17
|
Tim
Literasi Sekolah bertugas melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen
program literasi sekolah.
|
|
|
|
18
|
Sekolah
berjejaring dengan pihak eksternal untuk pengembangan program literasi
sekolah dan pengembangan profesional warga sekolah tentang literasi.i
|
|
|
|
1xbet korean | Legalbet
BalasHapusBet on 1xbet korean. หาเงินออนไลน์ 1xbet is the name given in our 바카라 casino, 1xbet this is the first time we have bet on this game.